PMI Mengajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Memutus Rantai Penyebaran Virus COVID-19

Kamis, 26 Maret 2020

PMI Mengajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Memutus Rantai Penyebaran Virus COVID-19

PMI Kabupaten Bekasi - Merebaknya wabah virus Covid-19 yang banyak meresahkan warga saat ini membuat permintaan Spraying Sterilisasi Disinfektan meningkat tajam dari berbagai intansi yang ditujukan kepada Palang Merah Indonesia Markas Kabupaten Bekasi. Hingga saat ini (26/03/20) sudah ada 80 titik terlayani untuk diberikan disinfeksi diwilayah Kabupaten Bekasi, dan masih terus berlanjut untuk titik -titik permintaan yang saat ini belum tercover.

Giat PMI Kabupaten Bekasi spraying di salah satu Intansi sekolah di Kabupaten Bekasi
Giat PMI Kabupaten Bekasi spraying di salah satu Intansi sekolah di Kabupaten Bekasi



PMI Kabupaten Bekasi sangat mengapreasi masyarakat yang sudah mempercayakan PMI sebagai salah satu agen pemutus mata rantai virus covid-19 ini. namun disamping itu semua, PMI Kabupaten berharap Masyarakat ikut berperan serta dalam memerangi wabah virus covid-19 dengan cara mengikuti kebijakan-kebijakan yang sudah dibuat oleh Pemerintah sebagai bentuk pengurangan resiko penyebaran lebih tinggi khususnya untuk Indonesia. 

DATA PUSAT DAN INFORMASI PMI Kabupaten Bekasi per 25/03/2020

DATA PUSAT DAN INFORMASI PMI Pusat 25/03/2020


Sebagai upaya pengurangan risiko ini, kami dari Palang Merah Indonesia mengharapkan Masyarakat bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. TIDAK PANIK
   Kepanikan terjadi biasa pada setiap orang ketika mendengar kerabat, keluarga, atau tetangganya menyandang Orang Dalam Pengawasan (ODP). Maka dari alasan inilah PMI menghimbau masyarakat tidak panik dan berpikir yang negatif terhadap si pasien tersebut. bantu mereka agar tetap berfikir positif, tidak depresi dan menurunkan psikis pasien, sehingga dukungan orang-orang sekitar menjadi sangat berarti sekali.

2. MENJAGA POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT
  Hal yang sudah lama kami lakukan selalu mensosialisasikan dan mengajak semua elemen masyarakat baik muda dan yang orangtua untuk selalu berperilaku hidup sehat dan selalu menCuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Berolahraga dan menjaga kondisi pola makan yang sehat sehingga tetap meningkatkan imunitas agar tetap sehat. lakukan Cuci Tangan sesering mungkin.

3. MENJAGA JARAK
    Tidak berdesak-desakan dan menjaga jarak tubuh, berarti menjaga sentuhan antara kulit sehingga menurunkan angka risiko terjangkitnya penyebaran virus.

4. TIDAK BERKUMPUL DI TEMPAT KERUMUNAN
  Berkumpul secara acak dengan teman dan rekan kerja atau majelis juga memungkin resiko penyebaran virus ini, untuk itu himbauan ini diberlakukan untuk menghindari sentuhan yang terjadi.

5. MELAPOR DIRI SAAT MULAI MERASA SAKIT
  Jangan merasa risih apabila sudah mulai terasa badan tidak baik, cepat laporkan ke fasilitas kesehatan terdekat sebagai upaya peningkatan Imunitas Diri. Maka yang terpenting adalah tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh.

6. MEMFASILITASI DIRI DAN TEMPAT MASING-MASING DAN ALAT KEBERSIHAN
    Sediakan Hand Sanitizer di pocket setiap orang dan di tempat masing-masing (seperti rumah, toko, rumah makan, musolah/masjid). Menyediakan fasilitas cuci tangan dan pendeteksi pengukur suhu merupakan salah satu bagian dari pencegahan. Apabila tidak menemukan fasilitas cuci tangan di tempat tertentu (misal ATM, POM BENSIN dengan pengisian Mandiri, dll) pastikan kita gunakan Hand Sanitizer.

7. MELAKUKAN SPRAYING STERILISASI RUTIN BERKALA
   Spraying disinfektan merupakan upaya sterilisasi Virus dan Bakteri yang di lingkungan kita adalah sebagai upaya pemutus mata rantai virus covid-19. Hal ini bisa dilakukan oleh Intansi ataupun secara Mandiri. Dan untuk Mandiri bisa dilakukan dengan menggunakan Bahan yang direkomendasikan seperti Pemutih, Karbol/Lysol, dan Pembersih Lantai. (pilih salah satu)
     Adapun Konsetrat dari bahan itu adalah :
1. Pemutih 30 ml / 2 Sendok Makan di campur 1 Liter Air
2. Karbol/Lysol 30 ml / 2 Sendok Makan di campur 1 Liter Air
3. Pembersih Lantai  30 ml / 2 Sendok Makan di campur 1 Liter Air

lakukan 2 hari sekali, ikuti arah angin, spraying ke bagian yang paling rentan dengan sentuhan tangan, dan biarkan selama 60 menit setelah spraying.
salah satu langkah spraying disinfektan yang PMI Rekomendasikan

8. MEMILAH INFORMASI DENGAN BENAR
  Informasi yang banyak diterima oleh setiap Individu ada baiknya diKlarifikasi terlebih dahulu sebelum disebar ulang ke orang-orang terdekat kita. apabila terpercaya sumber berita yang memang terpercaya, ada baiknya kita lakukan dengan harapan informasi dengan bermanfaat.

Tugas penguranga  risiko ini bukanlah menjadi tugas Pemerintah, Intansi terkait tetapi menjadi tugas semua Orang untuk bisa mengambil bagian, menjadi apa yang bisa dilakukan untuk membantu dengan kemampuan masing-masing. (AS)

Salam Kemanuasiaan

Quick Sale

VANS PICKUP!

At vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum.

read more

Online Booking

CADILAC SALE 39%

At vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum.

read more