PMI bersama FORKOPIMDA Kabupaten Bekasi Melakukan Pencanganan Gerakan Pendonor Plasma Konvalesen

Rabu, 16 Juni 2021

PMI bersama FORKOPIMDA Kabupaten Bekasi Melakukan Pencanganan Gerakan Pendonor Plasma Konvalesen

Letkol. Kav. Topan Tri Anggoro mewakili FORKOPIMDA Kabupaten Bekasi mengajak langsung masyarakat penyintas Covid-19 untuk menjadi Pendonor Plasma Konvalesen lewat awak media yang hadir.
Dok. PMI Kab.Bekasi

Palang Merah Indonesia Kabupaten Bekasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Bekasi melaksanakan giat Pencanganan Gerakan Pendonor Plasma Konvalesen pada Rabu, 16 Juni 2021. Dihadiri langsung oleh Bapak  Yana Suyatna dari Assisten Pemerintah Daerah (Asda 1) Kabupaten Bekasi mewakili Bupati Kabupaten Bekasi) yang sekaligus membuka kegiatan Pencanganan Gerakan Pendonor Plasma Konvalesen, Kegiatan ini dihadiri juga oleh Bpk. H. Mohammad Nuh,LC (Wakil Ketua DRPD Kab. Bekasi), Ibu Hj. R. R. Mahayu Dian Suryandari. S.H., LL (Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi),Bapak Letkol kalpelari Topan Tri Anggoro (dandim 0509kabupaten bekasi), Kombes. Pol. Hendra Gunawan S.I.K M.Si  (Kepolres Metro Bekasi). Camat Cibitung, Kepala Puskemas Se-Kabupaten Bekasi, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), Asosiasi Industri Kawasan Se-Kabupaten Bekasi, Serta dihadiri oleh Camat-camat dan instansi lainnya melalui Virtual Zoom Meeting.

 

Sambutan dan Pembukaan  oleh Bapak Yana Suyatna selaku ASDA 1 Kab.Bekasi
Dok. PMI Kab.Bekasi

Sambutan  oleh Drs.H. Akhmad Kosasi selaku Plt.Ketua PMI Kab.Bekasi
Dok. PMI Kab.Bekasi

Kegiatan ini disambut baik oleh Bapak Drs. H.Akhmad Kosasih selaku Plt Ketua PMI Kabupaten Bekasi. Dari sambutan beliau mengatakan, Sejak September 2020 sampai saat ini PMI Kabupaten Bekasi sudah melayani 970 pendonor Plasma Konvalesen, namu seiring peningkatan Kasus Pasien yang terkonfirmasi Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Bekasi saat ini, pasca arus balik mudik lebaran, dari meningkatnya kasus ini, sehingga permintaan Plasma Konvalesen juga meningkat. Maka dengan adanya Pencanganan Gerakan Pendonor Plasma Konvalesen ini diharapkan para penyintas Covid-19 bisa membantu pasien covid lainnya, sebagai wujud bentuk  rasa syukur atas kesembuhan yang diberikan serta niat ibadah karena Allah SWT.  

Sosialisasi Pendonor Plasma Konvalesen oleh
dr. Hj.Sumarti,M.Kes selaku Kepala UTD PMI Kab.Bekasi
Dok. PMI Kab.Bekasi

Dalam sosialisasi pembahasan tentang Donor Plasma Konvalesen, Ibu dr.Hj Sumarti, M.Kes (Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Bekasi) menjelaskan bagaimana persyaratan bagi penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan Plasma Konvalesen ini diantaranya (1) Berusia 18-60 tahun, (2) Berat badan minimal 55 Kg, (3) Diutamakan Laki-laki (terkhusus untuk wilayah Kabupaten Bekasi), (4) Pernah terkonfirmasi Covid-19, (5) Surat Keterangan sembuh dari Dokter yang merawat, (6) Tidak memiliki gejala/keluhan dalam waktu minimal 14 hari setelah dinyatakan sembuh, (7) Tidak menerima transfusi darah selama 6 bulan terakhir, (8) Lebih diutamakanyang pernah mendonorkan darahnya.

Sambutan Komandan Distrik Militer 0509 Letkol. Kav. Topan Tri Anggoro
Dok. PMI Kab.Bekasi

Letkol. Kav. Topan Tri Anggoro juga menegaskan semua pihak setidaknya harus membantu menjadi penyintas Covid-19 karena sulitnya seleksi screening untuk mendapatkan yang benar-benar bisa memberikan Plasma Konvalesen ke pasien covid-19 lainnya. Beliau juga mengharapkan pimpinan perusahaan- perusahaan Industri Kawasan Se-Kabupaten Bekasi untuk mengajak karyawannya membantu menjadi penyintas Covid-19 sehingga kebutuhan Plasma Konvalesen untuk pasien covid-19 dapat tercover dengan baik.

 

Sambutan Kapolres Bekasi Kombes. Pol. Hendra Gunawan S.I.K M.Si
Dok. PMI Kab.Bekasi

Kombes.Pol. Hendra Gunawan S.I.K M.Si  juga menegaskan agar semua pihak bekerjasama untuk membantu menjaga dan mematuhi protokol kesehatan yang masih terus diberlakukan, jangan sampai angka kasus pasien yang terkonfirmasi covid-19 ini meningkat lebih tajam kembali. Dan salah satu usaha untuk mengurangi kasus pasien melonjak, selain mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksin diharapkan masyarakat yang sudah pernah terpapar Covid-19 para penyintas Covid-19 dapat menjadi Pendonor Plasma Konvalesen.

Tinjauan ke ruang donor proses pengambilan plasma konvalesen dari penyintas Covid-19
Dok. PMI Kab.Bekasi

Rangkaian kegiatan Pencanganan Gerakan Pendonor Plasma Konvalesen ini kemudian ditutup dengan Do'a bersama dan sekaligus dilanjutkan Peninjauan langsung ke ruangan khusus untuk Donor Plasma Konvalesen yang ada di UTD PMI Kabupaten Bekasi. 

Mari kita tetap Jangan Lengah,… karena Covid-19 belum Musnah….

#ayodonor #donorplasmakonvalesen #penyintascovid19

#pmisiapbantu #patuhiprotokolkesehatan

pmikabupatenbekasi  pmibekasi

Take pict by : Syaril Mubarok, Tia Fitriyana, A. Syarif
Publhiser by : A. Syarif


Quick Sale

VANS PICKUP!

At vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum.

read more

Online Booking

CADILAC SALE 39%

At vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum.

read more