PMI KABUPATEN BEKASI SUKSES LAKSANAKAN KEGIATAN KUMPUL BOCAH 2023

Minggu, 30 Juli 2023

PMI KABUPATEN BEKASI SUKSES LAKSANAKAN KEGIATAN KUMPUL BOCAH 2023

Keseruan Kumpul Bocah dalam memperingati Hari Anak Nasional 2023.
Dokumentasi Humas PMI Kab.Bekasi.

Palang Merah Indonesia KabupatenBekasi telah sukses melaksanakan kegiatan “Kumpul Bocah” pada Minggu, 30 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Anak Nasional 2023 yang selalu kita peringati pada tanggal 23 Juli. Dilaksanakan berlokasi di Desa Sukamekar Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi tepatnya di TBM Rumah Pelangi wilayah Kampung Babakan Kali Bedah. Kegiatan Kumpul Bocah ini merupakan implementasi lanjutan dari Program Rutin “PMI Nyaba Bocah Kola’an/Komunitas (NBK)”, dimana mengangkat tema Belajar, Bermain, Menolong, dan Bercita-cita sebagai konteks dasar pembelajaran dan teknik bersosialisasi PMI Kab.Bekasi yang diperuntukan untuk anak-anak.

Kegiatan Kumpul Bocah ini dibuka langsung oleh Pengurus PMI Kabupaten Bekasi Bapak Dr. Teguh Wahyudi, M.Pd., hadir juga Pengurus PMI Kabupaten Bekasi Bapak Darwanto, S.Pd., MM. dan pada kesempatan pembukaan kali ini hadir juga Pengurus TBM Rumah Pelangi Abang Muhaidin Darma, serta Fasilitator Pendukung Kegiatan dari organisasi atau Instansi lainnya. Pada kesempatan sambutan yang diberikan oleh Bapak Teguh selaku pengurus PMI Kab.Bekasi mengatakan bahwa “sejarah kepalangmerahan yang terbentuk dari sentuhan batin tokoh Jean Henry Dunan merupakan cikal bakal terbentuknya ICRC dan IFRC dimana palang merah ini merupakan organisasi dunia, sehingga perlu dibentuknya relawan dalam menjalan misi kemanusiaan. Kumpul Bocah ini merupakan satu momen yang baik untuk anak-anak yang merupakan bagian generasi yang akan menjadi penerus khususnya relawan kepalangmerahan”.

Pada kesempatan Kumpul Bocah ini PMI Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan bebarapa instansi lain dan Komunitas dalam memberikan pelayanan dan edukasi diantaranya pemberian materi pertolongan pertama untuk para orangtua dan relawan muda rumah Pelangi dalam kasus “Penanganan Tersedak pada anak” yang diisi oleh pemateri dari Safe Kids Indonesia, kemudian ada juga materi kelas Daur Ulang menjadi sebuah Kreasi kepada anak-anak TBM Rumah Pelangi yang diisi langsung oleh Kepala SDIT Ziadatul Irfan – Tarumajaya yakni Bapak Adi Supriadi. Edukasi PMI Kabupaten Bekasi, Pemberian materi tentang Kualitas Air Bersih dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada anak-anak dan warga oleh Team WASH Palang Merah Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari giat Kolaborasi PMI Kabupaten Bekasi Bersama Instansi yang ingin memberikan edukasi tambahan untuk anak-anak ataupun warga masyarakat.

Pelayanan dan Kegiatan PMI Kabupaten Bekasi yang diberikan pada giat Kumpul Bocah memperingati Hari Anak Nasional 2023 ini diantaranya adalah memberikan Pelayanan Cek Kesahatan untuk Warga, Cek IMT dan Cek Golongan Darah untuk anak-anak, Pemberian Sembako dan Paket Alat Tulis untuk 30 orang anak Yatim TBM Rumah Pelangi, Sosialisasi Kepalangmerahan, Sosialisasi Pertolongan Pertama, Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sosialisasi Kebencanaan, Pembagian Mainan Anak, Pemberian Hadiah Alat Tulis Sekolah, Pemberian Buku Bacaan untuk Taman Baca Masyarakat Rumah Pelangi, Pemberian Media KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) PHBS ke TBM Rumah Pelangi berupa Tempat Cuci Tangan, Stiker PHBS, Poster PHBS dan Spanduk PHBS.

Selain itu PMI Kabupaten Bekasi juga membuka kesempatan untuk 4 orang dari TBM Rumah Pelangi untuk ikut kegiatan Khitanan Massal PMI Kab.Bekasi pada tanggl 2 Agustus 2023. Dimana Program Khitan Masal ini merupakan Program Baru dari PMI Kabupaten Bekasi untuk Masyarakat khususnya Kabupaten Bekasi. Jadi untuk masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan Khitan Massal Gratis ini bisa akses ke Instagram PMI Kabupaten Bekasi atau melalui WhatsApp ke POSKO PMI Kab.Bekasi ke nomor 0895-3766-76777 (Syarat dan Ketentuan Berlaku). Klik untuk info lanjut -- > https://www.pmikabupatenbekasi.com/2023/06/informasi-khitanan-massal-pmi-kabupaten.html

Hadir pada kesempatan kegiatan Kumpul Bocah 2023 kali ini ada sekitar 285 orang diantaranya 60 orang panitia dari Relawan Rumah Pelangi dan PMI Kabupaten Bekasi, sedangkan untuk Anak dan Warga penerima manfaat sejumlah 225 orang). Kegiatan ini didukung oleh Program Kerja PMI Kabupaten Bekasi, TBM Rumah Pelangi, Bank BJB, Kantor Notaris & PPAT Artisa Khamelia Ramadiyanti, SH, MKn., BPBD Kabupaten Bekasi, Safe Kids Indonesia, Team WASH PMI, SDIT Ziadatul Irfan, Rabbit Hole Indonesia, SDS IT Prestasi Cendikia, SMPN 2 Cibitung, SMAK BPK Penabur kota Jababeka, SMAN 2 Tambun Utara, SDIT Qurrota Ayun, SMAN 3 Babelan, Gabethoz Generation.

Terimakasih kepada para Donatur dan Instansi/Komunitas/Organisasi yang telah berkolaborasi dan membantu menyukseskan kegiatan “Kumpul Bocah” dalam memperingati Hari Anak Nasional 2023 ini. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Sukamekar Kecamatan Sukawangi.

Salam Kemanusiaan.

#HariAnakNasional2023 #KumpulBocah #PMISiapBantu #Terustebarkebaikan #SalamLiterasi #PMIBekasi

Penulis : A. Syarif (Humas PMI Kab.Bekasi)

Galeri Foto Kegiatan Kumpul Bocah:
Sambutan Bapak Teguh selaku Pengurus PMI Kab.Bekasi di pembukaan Kegiatan Kumpul Bocah 2023.

Games dan Pemberian Hadiah untuk anak-anak di Kegiatan Kumpul Bocah 2023.




Praktik Cuci Tangan 6 Langkah Pakai Sabun di Kegiatan Kumpul Bocah 2023.


Materi Pertolongan Pertama oleh Safe Kids Indonesia untuk Orang Tua dan Relawan di Kegiatan
Kumpul Bocah 2023.

Praktik Pertolongan Pertama tersedeak pada anak oleh Tim Safe Kids Indonesia
diikuti Orang Tua dan Relawan di Kegiatan 
Kumpul Bocah 2023.


Cek Golongan darah dan IMT oleh Relawan PMI Kab.Bekasi untuk anak-anak di Kegiatan Kumpul Bocah 2023.

 


Pelayanan Cek Kesehatan oleh Relawan PMI Kab.Bekasi di Kegiatan Kumpul Bocah 2023.


 Materi Kepalangmerahan oleh Relawan PMI Kab.Bekasi di Kegiatan Kumpul Bocah 2023.

Foto Bersama Pengurus PMI Kab.Bekasi bersama anak-anak dan Relawan Kegiatan
Kumpul Bocah 2023.



Penyerahan Paket Sembako dan Paket ATK oleh Pengurus PMI Kab.Bekasi untuk anak Yatim.

Penyerahan Donasi Buku Bacaan dari Ketua Kegiatan ke Relawan TBM Rumah Pelangi Bekasi.

ke TBM Rumah Pelangi Bekasi, Safe Kids Indonesia dan SDIT Ziadatul Irfan.

Penyerahan Plakat PMI dan Piagam Penghargaan dari Pengurus PMI Kab.Bekasi
ke TBM Rumah Pelangi Bekasi, Safe Kids Indonesia dan SDIT Ziadatul Irfan.








Quick Sale

VANS PICKUP!

At vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum.

read more

Online Booking

CADILAC SALE 39%

At vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum.

read more